Tuesday 31 May 2011

Tips Agar Anak menjadi Pintar dan Cerdas,

Bagaimana agar anak kita pintar cerdas dan kreatif? saat ini hal semacam ini menjadi topik perbincangan hangat, banyak yang mempercayai bahwa kecerdasan seorang anak itu dimulai ketika di dalam kandungan,iaitu dengan memberikan janin nutrisi yang tepat. berikut adalah cara bagaimana anda boleh membuat anak anda pintar cerdas dan kreatif. Cuba semak tips di bawah ini.

Setiap orang selalu mengharapkan anaknya cerdik, pandai dan arif melebihi anak2 lain. Para pakar menyatakan, sekalipun kepandaian seorang anak sangat berhubung dengan genetik bawaan, namun banyak sekali penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pembinaan setelah lahir juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan sama sekali.

Merangsang Pertumbuhan dengan Pendidikan dalam Kandungan Para doktor menyatakan, bayi dalam kandungan usia tiga bulan sudah mempunyai perasaan, empat bulan sudah mampu merasakan suara dari luar. Suara dari luar ini akan terus merangsang organ indera anak dalam kandungan dan mendorong pertumbuhannya, mempunyai peran yang penting bagi pertumbuhan intelegensi. Pada dasarnya cerebral cortex (bagian otak yang penting untuk mengingat, memperhatikan, menyedari, berpikir, memahami bahasa dan lain-lain) bayi dalam kandungan sudah terbentuk pada usia 5 – 6 bulan, pada masa ini eloklah diperdengarkan musik akan dapat meningkatkan pertumbuhan intelegensi bayi anda.

ASI sebagai nutrisi utama kecerdasan anak
Sejak bayi lahir, ibu dan ayah sudah mempunyai peranan penting untuk mengajarkan pengetahuan dasar kepadanya. Kalau ibu dan ayah dapat membimbing sang anak dengan murah hati, hormat dan penuh kasih sayang, maka bukan saja dapat meletakkan dasar kepribadian yang unik bagi sang anak, bahkan dapat membuat anak memiliki kemampuan belajar dan sikap bergaul yang baik. Dengan demikian, peranan ibu dan ayah bukan hanya membesarkan, bahkan juga memikul tanggung jawab besar sebagai “guru peribadi”.
Para pakar menyatakan, “Anak-anak pada usia 4 sampai dengan 13 tahun, hatinya masih bersih, merupakan masa dengan daya ingat yang paling kuat selama hidupnya. Jika pada masa keemasan ingatan ini beliau memperolehi pendidikan yang baik, amat bermanfaat bagi sepanjang hidupnya.

9 Rahsia Membuat Anak menjadi Pandai
Penulis dibhgn pendidikan, Korey Capozza, menyarankan sembilan cara untuk membina dan meningkatkan IQ (intelligence quotient ) anak.

1. Belajar Musik
Ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan pembelajaran otak kanan dengan santai dan mudah. Menurut hasil penelitian Universiti Toronto, pelajaran musik dapat meningkatkan intelligence quotient dan prestasi sekolah anak. Bahkan semakin lama dipelajari, hasilnya semakin bagus.


2. Beri minum Air Susu Ibu

Bayi cerdas impian setiap insan
Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa air susu ibu (ASI) selain menyediakan berbagai macam zat gizi, juga dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan kebijaksanaan bayi. Seorang bayi yang menyusu susu ibu selama sembilan bulan secara nyata lebih pandai dari pada seorang bayi yang hanya menyusu susu ibu selama satu bulan.

3. Tingkatkan kesihatan
Tean peneliti dari University of Illinois telah membuktikan hubungan antara kesihatan dan pelajaran anak di sekolah. Penelitian dari Oppenheimer Funds malah menunjukkan bahwa olahraga berkelompok bukan saja meningkatkan rasa yakin pada diri sendiri, membangun sikap kerjasama, bahkan dapat memupuk anak anda menjadi seorang pemimpin dikalangan rakan-rakan sebaya

4. Permainan
Memang ada banyak permainan yang blh membuat pemainnya menjadi brutal ataupun malas berpikir. Namun  ada sejumlah permainan yang dapat meningkatkan semangat bersosial, kreativi dan inspirasi, bahkan ada yang dapat melatih anak untuk berpikir dengan bijaksana serta melatih kemampuan membuat rencana. Penelitian di University of Rochester juga mendapati bahwa anak kecil yang bermain permainan lebih berkemampuan dalam mendapatkan petunjuk visual dalam pembelajaran.

5. Menolak junk food
Kurangi mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, berpantang berbagai makanan berlemak tinggi dan junk food yang lain. Sebaliknya, banyaklah mengonsumsi makanan sehat bergizi tinggi, ini akan meningkatkan perkembangan intelegensi dan motorik anak, terutama bagi bayi yang belum genap dua tahun, hal ini sangat penting. Misalnya, seorang anak harus mengonsumsi sejumlah zat besi untuk membantu pertumbuhan otak. Kalau kurang jumlahnya, penghantaran impuls saraf akan melemah.

6. Memupuk rasa ingin tahu
Para pakar mengungkap, ketika orang tua mendorong anak untuk mempunyai pemikiran sendiri, sesungguhnya adalah sedang meng-arahkan mereka pada pentingnya menuntut pengetahuan. Menaruh perhatian yang besar terhadap minat anak, mengenalkan dan mengajarkan ketrampilan baru kepada mereka pada setiap ada kesempatan mendidik di luar rumah, semua ini merupakan cara yang baik sekali guna memupuk dambaan anak untuk menuntut pengetahuan.
7. MembacaSejalan dengan kemajuan teknologi, banyak orang yang mengabaikan pentingnya membaca. Membaca merupakan cara meningkatkan intelligence quotient seseorang yang paling langsung dan efektif. Membacakan cerita untuk anak, menjadi anggota perpustakaan dan menambah koleksi buku bacaan semuanya merupakan cara yang baik untuk memupuk minat membaca seorang anak.

8. Makan pagi
Pepatah yang mengatakan burung yang bangun pagi akan mendapatkan makanan bukanlah tanpa dasar. Jauh sejak 1970, penelitian ilmiah menemukan seorang anak yang sarapan pada pagi hari memiliki ingatan yang lebih baik, lebih mampu berkonsentrasi dan juga mampu belajar lebih cepat. Dari pada sama sekali tidak makan pagi, makanlah sepotong kuih atau minum segelas susu, hal ini akan sangat membantu dalam belajar.

9. Bermain permainan pengasah otak
Bermain catur, teka-teki silang atau permainan lain dapat merangsang intelegensi. Games Sudoku malah dapat memupuk cara berpikir yang bijaksana dan memupuk kemampuan memecahkan masalah.
Selain hal-hal di atas, ajaklah anak anak berbual, mintalah anak mengingat perbendaharaan kata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari ataupun mintalah anak menghafal, semua ini merupakan jurus piawai untuk membantu anak memupukkebijaksanaannya.
Para pakar menyatakan, “Matikan tv, mintalah anak keluar rumah, mendekatkan diri dengan alam dan bersenam,mengalakkan anak dan anda mengharungi kehidupan yg sihat dan cergas

5 comments:

  1. I am in fact delighted to read this blog posts which consists of plenty of useful facts, thanks for providing such statistics.


    my website :: http://atlaslm.com

    ReplyDelete
  2. kembangkan bakat dan kemampuan anak,
    jenius adalah pilihan bergabunglah dengan kami di
    www.bakatsuper.com

    ReplyDelete
  3. thanks n Insya Allah i will review ur blog

    ReplyDelete